Andalkan Tarif Saja Tak Cukup

Diposting oleh Pulsa Rakyat
Tarif pembicaraan dan SMS menjadi satu senjata baru untuk membidik dan me-levarage pelanggan. Hal ini benar-benar dipraktekkan oleh pemain di industri seluler. Pertumbuhan telekomunikasi CDMA (Code Division Multiple Access) juga terlihat dari minat investor yang besar mengembangkan sektor ini. Perkembangan itu antara lain terlihat dari gencarnya pengembangan jaringan oleh para operator, yaitu PT Telkom Tbk, PT Indosat Tbk, PT Mobile 8 Telecom, dan PT Bakrie Telecom. Bahkan, ketatnya persaingan bisnis seluler pasca maraknya CDMA, tarif murah dan jaringan yang bagus, juga jernih, belum tentu menjual.

Lalu, harus diperkuat dengan konten dan fitur yang menarik, plus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, M8 dengan Fren-nya, mengklasifikasikan jenis panggilannya menjadi dua, pertama peak time antara pukul 06.00 - 22.59, kedua adalah off peak dari pukul 23.00 hingga pukul 05.59. Sedangkan tarif bicara per menit 275, menit selanjutnya dikenakan tarif 7 rupiah per detik.

Sementara untuk panggilan ke seluler lain sebesar Rp 800 untuk jenis panggilan lokal, dan Rp 1.800. Untuk SLI dihitung pe 15 detik, Fren membagi beberapa wilayah menjadi grup-grup tertentu, dan pasti, harga pun tentu tak sama untuk masing-masing grup. Misalnya, grup I sampai III, dikenakan tarif 2.000 per 15 detik, dan grup IV hingga VIII Rp 3.000 per 15 detik. Fren juga melayani SLI dengan kode tertentu (Fren SLI 01068) di 22 negara dengan tariff per 30 detik sebesar Rp 1.000 dan di luar 22 negara tersebut, dikenakan tarif Rp 2.000. Untuk SMS ke operator domestik Rp 350 dan internasional Rp 500 per SMS. Sedangkan untuk keperluan akses data, dikenakan tariff Rp 160 per menit dengan volume data mulai 5 KB.

Sedangkan fitur yang dimiliki sangat banyak. Ada fasilitas Voice Mail Service yang memungkinkan seseorang yang menelepon Anda untuk meninggalkan pesan, baik dalam bentuk suara, nomor telepon kembali ataupun berupa faksimili, apabila Anda tidak menjawab panggilan telepon, atau tidak aktif maupun di luar jangkauan layanan. Juga SMS yang memungkinkan untuk stay in touch, dengan mengirim dan menerima pesan-pesan hingga 160 karakter di ponsel Fren.

Tersedia juga fasilitas gratis untuk menyembunyikan dan tidak menampilkan nomor Fren pada ponsel penerima. Selain itu, ada menu Mobile Internet Data Access, pengguna Fren bisa mengakses internet di mana pun tanpa mengurangi mobilitas. Cukup dengan menghubungkan laptop dengan ponsel Fren dan kabel data, atau melengkapi laptop dengan PCMCIA CDMA, maka pelanggan Fren bisa menikmati kecepatan transfer data yang cepat.

Added Services (VAS) adalah layanan tambahan di luar fitur dan layanan standar yang dapat dinikmati berkat kecepatan transfer data yang tinggi dari Fren. Mau cek e-mail, baca news, lihat cinema info, horoscope, comic, dan theme download? Semua dapat dilakukan dari ponsel Fren melalui WAP Access. Bagi yang menggunakan PDA atau PC (dengan OS Windows XP) sebagai handset Fren, dapat menikmati Video on Demand seperti Traffic Monitoring, Music Video Clip dan Spiritual Advice melalui Video Streaming.

Agar Anda tak terkesan kuper (kurang pergaulan), ada Fren RingGo, bisa mengubah nada panggil yang biasa, jadi melodi lagu atau efek suara yang asik dengan kualitas suara yang jernih. Tidak cuma sekedar satu lagu, sebagai default/basic bisa Anda pilih, beberapa fitur asik lainnya yang Fren RingGo sediakan. Menariknya, ada layanan Hari Spesial, seperti anniversary dan lainnya. Berikan melodi sambung pribadi buat teman yang juga pakai Fren sebagai hadiah, melalui fasilitas Copy friend's RBT. Tarifnya untuk content Rp 9.000,- per melodi per 30 hari.

Dengan TV MOBI, sekarang kita sudah bisa nonton acara TV, 24 jam sehari sepuasnya di ponsel Fren. Pilih ponsel yang support TV Mobi, dan nikmati berbagai channel dan ratusan program TV favorit. Ada pun ponsel yang dapat digunakan untuk menikmati layanan TV Mobi adalah Nokia 6155, Nokia 2865, Nokia 6165i, Nokia 6275.

Terakhir, ada lagi fasilitas tambahan, yakni Fren Mobile Internet. Sebuah layanan yang dikembangkan dengan dukungan teknologi CDMA 2000-1X dan CDMA 2000-1X EVDO, untuk memenuhi kebutuhan akses internet berkecepatan tinggi (40 kali lebih cepat dari kecepatan transfer data menggunakan GPRS, stabil dan tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau) seperti browsing, e-mail, chatting, video streaming ataupun bermain game secara online. Akses internet bisa dinikmati tanpa tergantung jaringan PSTN untuk dial-up dari rumah atau kantor, dalam keadaan bergerak (mobile) atau nirkabel (wireless) dengan notebook, tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang.

Akhir tahun lalu, jumlah pelanggan Fren diperkirakan mencapai 1,8 juta orang. Tahun ini Mobile-8 berencana meningkatkan kapasitas pelanggan dengan menambah BTS (base transceiver station). Menggunakan 4 carrier dan 1.900 BTS, Mobile-8 bakal memiliki total kapasitas setara dengan 30 juta pelanggan. apalagi pasca diizinkannya Mobile-8 terjun ke bisnis FWA setelah dikeluarkannya keputusan Menkominfo tentang Pengalokasian Kanal pada Pita Frekuensi Radio 800 MHz untuk Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal tanpa Kabel dengan Mobilitas Terbatas dan Jaringan Bergerak Seluler.

Dengan kehadiran produk baru tersebut, Mobile-8 yang menjadi perusahaan terbuka pada akhir November 2006 itu yakin mampu meraih target 4 juta pelanggan akhir tahun ini (2007). "Produk-produk baru itu akan makin memudahkan kami mencapai target pelanggan. Dengan izin layanan telepon akses tetap tersebut, kami siap berkompetisi secara sehat dengan operator lain," kata Head of Marketing Mobile-8, Herman TKK.

Perang fitur dan tarif tak bisa dihindari, bahkan sangat masif. Seperti yang dilakukan oleh StarOne-nya Indosat. Perusahaan yang sebagian sahamnya dikuasai oleh Temasek Holding Company, sebuah perusahaan ‘plat merah’ asal Singapura ini sepertinya tak mau kalah. Lihat saja, Star one berupaya menekan harga, tapi layanan tetap prima. Tarif per menitnya untuk pra bayar panggilan lokal dalam 1 kode area sesama StarOne sebesar Rp. 191 per menit. Sedangkan ke PSTN / FWA lain dikenakan tarif Rp. 130 per 30 detik. Cuma untuk peak timenya, StarOne mulai pukul 09:00:00 - 14:59:59 dan Off Peak-nya dari pukul 15.00:00 hingga 08:59:59.

Sementara untuk tariff ke panggilan seluler, perhitungan tariff ditentukan berdasarkan jarak kilometer. Untuk jarak terjauh, 5km ke atas dikenakan Rp. 1.500 per 30 detik untuk panggilan SLJJ dengan seluler lain. Untuk panggilan international, mengikuti tariff SLI 001 dan 008 Telkom, untuk VoIP 01016 (berlaku hingga Maret 2007) Rp. 100 dengan negara tujuan Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, USA, Korea Selatan, dan Taiwan. Sedangkan VoIP 01016 (berlaku hingga Mei 2007) Rp. 275 per 6 detik di luar negara yang disebutkan. Untuk biaya akses internet, StarOne mengenakan Rp 3 per kb.

Fitur yang dipersembahkan pun cukup beragam. Antara lain, tansfer pulsa merupakan layanan transfer pulsa yang diperuntukkan bagi sesama pelanggan StarOne Prepaid (Jagoan). Biaya per transaksi sebesar Rp 300. Ada pun 3 Way Call adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat melakukan percakapan sekaligus 3 orang. Sedangkan Conference Call adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk dapat melakukan percakapan sampai dengan 10 pelanggan.

Calling Line Identification Restriction adalah Salah satu fitur yang digunakan agar dapat menyembunyikan nomor StarOne pada pada ponsel penerima. Calling Line Identification Presentation (CLIP), merupakan fitur yang memungkinkan pelanggan StarOne dapat mengenali pemanggil melalui layar pesawatnya. Fitur ini langsung dapat dipergunakan sejak kartu StarOne anda diaktifkan. Sedangkan Call Waiting, fitur yang bisa menjawab panggilan yang masuk pada saat sedang melakukan percakapan. Dan Do Not Disturb (DND) adalah fitur yang memungkinkan untuk tidak menjawab panggilan yang tidak anda kehendaki tanpa mematikan ponsel anda.

Selain dilengkapi dengan beragam fitur yang memungkinkan pelanggan in tune, juga dilengkapi dengan akses internet (Packet Data Network). Anda dapat mengakses internet di mana pun selama masih dalam area tanpa mengurangi mobilitas. Cukup dengan menghubungkan Notebook/PC anda dengan terminal/ponsel StarOne melalui Data Cable, IrDA atau PCMCIA Card . Selanjutnya anda dapat menikmati kecepatan transfer data lebih yang cepat hingga 153.6 Kbps. Terakhir adalah fasilitas I-ring untuk mendengarkan musik, agar tidak terdengar tuuut…tuut saja. Sayangnya, jumlah fitur yang begitu banyak, ternyata belum mampu mendongkrak jumlah pelanggan StarOne. Hingga kini, pelanggan StarOne mencapai 400 ribu pelanggan.

Telkom pun turut bermain di ranah CDMA dengan produknya Telkom Flexi. Sampai-sampai menerapkan tarif khusus bagi pengguna Flexi demi mengejar target pertumbuhan dan jumlah pelanggan. Menurut Vice President Public and Marketing Communication Telkom Muhammad Awaluddin, tarif khusus ini akan dikenakan pada percakapan sesama pengguna TelkomFlexi. Diharapkan dengan penurunan tarif yang cukup berarti ini masyarakat yang selama ini sudah menikmati kenyamanan jasa dan tarif TelkomFlexi, akan semakin nyaman dalam menggunakan layanan telepon berbasis CDMA tersebut, tambah Awaluddin.

Untuk percakapan lokal, Rp 49 per menit, sementara SLJJ, Telkom juga memberlakukan tarif SLJJ untuk peak time Rp 900 per menit, baik pra dan pasca bayar sama. Dan off peak-nya, dikenakan tarif Rp 449 per menit khusus untuk pasca bayar. Untuk SMS, Rp 75 untuk pasca bayar dan Rp 100 buat pra bayar. Sedangkan akses internet, dikenakan Rp. 3 Per Kbyte untuk pasca bayar dan Rp. 5 Per Kbyte pasca bayar. Untuk selain pelanggan, flexi trendy menerapkan tarif standar. Penetapan tarif ini sudah termasuk Ppn 10 %, panggilan ke telepon rumah atau satu kode area, tarifnya Rp 130, sedangkan tarif SLJJ yang kurang dari 200 km, tarifnya Rp 550 pada peak time dan Rp 350 saat off peak. Lebih dari jarak tersebut, tarifnya Rp 1,250 peak dan Rp 800 off peak. Untuk tarif SLI, tarif diterapkan berdasarkan group I (Kel. Negara I s.d III) Rp 3,850 peak dan Rp 3,300 off peak per menit.

Panggilan ke operator seluler lain, tarif yang diberlakukan agak berbeda. Ke Mobile Zone 1 (antar POC SLJJ <>= 200Km ) Rp 1,575 untuk peak, dan Rp 1,125 khusus off peak. Untuk layanan SMS dan akses internet, tarifnya sama, Rp
350 per menit atau Rp 5 per kb.

Telkom Flexi memiliki 13 fitur, diantaranya adalah RBT, Anda dapat melakukan setting musik yang dapat dinikmati oleh penelepon. Musik ini dapat dibuat personalized untuk seseorang atau sekelompok orang dan juga dapat disetting satu musik untuk semua pemanggil. Selain itu dapat juga musik diberikan kepada pelanggan lainnya sebagai hadiah. Kini, Telkom Flexi memperkenalkan produk layanan terbarunya yaitu FlexiTONE. Tarif layanan ini relatif murah yaitu Rp. 8.000,- (belum termasuk PPN 10 %) selama masa pemakaian 30 hari, selanjutnya pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan sebelum berakhirnya masa 30 hari tentang kelanjutan penggunaan layanan FlexiTONE. Layanan ini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna TELKOMFlexi, baik FlexiTrendy ataupun Flexi Classy..Daerah layanan FlexiTONE untuk saat ini adalah Jakarta, Bogor dan Bandung, untuk daerah lainya akan segera menyusul.

Ada pun jumlah pelanggan Telkom Flexi sampai saat ini Telkom menargetkan meraih 11,5 juta pelanggan pada 2006 dan akan membangun 5000 BTS dalam tiga tahun ke depan (hingga 2008).

Lain ladang lain ilalang. Lain perusahaan, lain pula pola jualannya. PT Bakrie Telecom turut tergiur dengan bisnis CDMA via brand-nya Esia. Dengan tagline Untung Pakai Esia, operator yang baru merekrut mantan VP Marketing Telkomsel, Erick Meijer, yang di Esia di dapuk sebagai Wakil Direktur Utama, kini mempunyai jumlah pelangan sekitar 509.758.

Ada pun fiturnya, sama dengan operator lainnya. Keunggulan Esia terletak pada diferensiasi harga yang terbilang cukup murah. “Orang masih berfikir value for money untuk berkomunikasi via telepon,”ujar Charles Sitorus, Chief Sales officer Esia.
Fitur Esia tak kalah gengsinya. Ada Hujan Duit esia! Ditelpon malah dibayar. Ini baru-baru bener dahsyat. Ditelpon dari selular manapun, malah dapet duit Rp.50,-/menit dalam bentuk pulsa. Makin sering ditelpon, makin banyak pulsa kita. Sayangnya, layanan ini hanya sampai bulan Desember '06.

Ada pula program member get member. Setiap Dapet 1 Member, dapet Duit 50 ribu perak. Kebayangkan dahsyatannya? Ngobrol di luar negeri terlama dan termurah. Nelpon ke lebih dari 53 negara di dunia cuma Rp. 1500,-/menit Seperti ke negara-negara berikut: Algeria, Antigua & Barbuda, Azerbaijan, Bahamas, Bahrain, Bangladesh,Benin, Bermuda, Bolivia, British Virgin Islands, Brunei, Burundi, Central African Republic, China, Colombia, Congo, Costa Rica, Cyprus, Domin. Rep., El Salvador, Gabon, Georgia, Guatemala, Guinea, Hongkong, India, Iran, Jordan, Kazakhstan, Kirgyzstan, Korea, Republic (South Korea), Kuwait, Laos, Macau, Malawi, Malaysia, Mexico, Mongolia, Niger, Pakistan, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Russia, Rwanda, San Marino, Seychelles, Singapore, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Trinidad & Tobago, Turks- & Caicos Island, Uganda, Ukraine., USA, Uzbekistan. Caranya mudah saja, Tekan '#', kode negara, nomor tujuan. Contoh : # + Kode negara + Kode Kota + No telepon.



Untuk layanan RBT, ada Esia layanan DV8.88 atau layanan digital station; dimana customer bisa mendengarkan lagu favorit seperti mendengarkan lagu dari Radio, mengirimkan lagu bersama pesan kita ke teman sesama pelanggan Esia, mendownload Ringtones Monophonic & Polyphonic di handphone pelanggan. Selain lagu-lagu tersebut, pelanggan bisa pula mendengarkan doa harian (sementara tersedia bagi muslim), humor, dan horoscope. Tunggu apa lagi, telepon saja ke 888, dan pelanggan Esia akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan di dunia music. So what gitu loh!

Memang, price war tak terhindarkan dalam persaingan bisnis telekomunikasi. Mengandalkan tarif saja, sangat tidak membantu guna terus meningkatkan billing dan jumlah pelanggan. Caranya, layani customer hingga pada bentuk customized service, niscaya operator tersebut akan menjadi the winner dari peperangan yang memerlukan nafas serta stamina yang prima. Selamat ‘bertempur’, semoga Anda jadi pemenanganya!

Costumer Service


Ad300x300